Minggu, 25 Maret 2012

Timnas U-23 - Persiapan Dini untuk SEA Games 2013


Sunday, 25 March 2012
JAKARTA – SEA Games 2013 di Myanmar masih setahun lagi.Namun,langkah cepat diambil PSSI untuk mempersiapkan tim nasional (timnas) U-23 yang akan berkompetisi di ajang bergengsi se-Asia Tenggara tersebut.


Koordinator timnas Bob Hippy mengungkapkan,langkah cepat harus dipersiapkan Indonesia untuk bersaing di ajang dua tahunan itu.Menurut mantan pemain timnas Garuda era 1962 hingga 1974 itu,saat ini talenta-talenta muda Indonesia yang bermain di klub sedang disaring dan dipantau tim yang sudah dipersiapkan. ”Seleksi sedang kami jalankan.Dengan seleksi yang ketat dan matang,kami berharap komposisi timnas benar-benar matang.Tugas selanjutnya akan kami serahkan kepada pelatih,”ujar Bob saat dihubungi HATTRICK, kemarin.

Bob menambahkan,PSSI akan memberikan fasilitas terbaik bagi timnas yang terpilih nantinya.Sejumlah tempat pelatihan tengah dipertimbangkan mereka untuk menggembleng pasukan Garuda itu. ”Kami kemungkinan memilih Jepara atau Sentul,tapi kita liat nanti saja.Kami juga akan mencarikan lawan tanding yang baik untuk timnas,seperti Malaysia, Australia,Jepang.Jadi,nantinya seluruh program ini akan dirampungkan sebelum 10 April. Kami harap semuanya bisa berjalan dengan baik,”tandas Bob.

Untuk menangani timnas U-23 ini,PSSI telah menunjuk Widodo C Putro sebagai asisten pelatih Aji Santoso.Peran Widodo yang saat ini menangani timnas U-21 dan U-22 dianggap tepat karena peran asisten juga untuk pembinaan dan mengasah kemampuan sejumlah pemain yang akan dibawa.Selain itu,Widodo juga dianggap mengerti karakter pemain muda Indonesia. Bob juga membenarkan bahwa dirinya telah ditunjuk AFC untuk menjadi anggota Komite Penyelenggara Kompetisi Usia Muda AFC di Malaysia,Jumat (23/3).

Menurut dia,pemilihan dirinya untuk menyelenggarakan kompetisi usia muda itu karena di Indonesia kompetisi usia mudanya kurang difasilitasi dan diperhatikan. “Indonesia punya kans yang sama dengan negara maju lainnya.Sayangnya, Indonesia kurang mendapat perhatian. Nah,dengan adanya perhatian AFC soal ini,mudah-mudahan persoalan pembinaan usia muda dapat terakomodasi,”ujar Bob.

Adapun,program yang akan dicanangkan Bob untuk pembinaan usia muda ini adalah pengadaan fasilitas yang baik dan mumpuni di sejumlah daerah.Bagi dia,saat ini kondisi fasilitas sepak bola di daerah sangat minim dan perlu mendapatkan perhatian.Dia juga ingin meningkatkan kualitas pelatih Indonesia sehingga talenta muda Indonesia ke depan diasuh dan dibina pihak yang menguasai bidangnya.

”Sesungguhnya ada biaya dari AFC untuk pembinaan usia muda.Sayangnya, selama ini tidak diambil.Sekarang akan kami ajukan biayanya untuk memfasilitasi pembinaan ini,”ujar Bob. ●abd susila

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates